Kamis, 19 Mei 2011

DESAIN NASKAH

Lampiran:
DESAIN NASKAH
Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Hal : 1
No Hal : Frame 1
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi : Selamat Datang di Pembelajaran
Penulis : Darlius

Tampilan: Teks selamat datang































Keterangan Navigasi Keterangan hypertext dan narasi Keteranagan gambar/animasi/video
1. Tampil teks selamat datang di pembelajaran sistem bahan bakar
2. Klik “play” Tampil gerbang SMK Negeri 2 Palembang klik ‘to” Tulisan selamat datang pada pembelajaran sistem bahan bakar Teks:
Muncul tulisan Selamat Datang di Pembelajaran Sistem Bahan Bakar
Bersamaan tampil gerbang SMK Negeri 2 Palembang secara bergelombang
(Diiringi musik ) disesuaikan
































Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 2
No Frame : Frame 2
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi : Pembukaan materi pembelajaran
Penulis : Darlius

Tampilan


Bagaimana bahan bakar yang dibutuhkan oleh kendaraan mengalir keruang bakar dan menghasilkan tenaga/energi

Keterangan navigasi Keterangan hyperteks dan narasi Keterangan animasi/video/audio
3. Tampil tek diatas klik “to” muncul teks SK –KD - Indikator Pengaliran dan kebutuhaan bahan bakar untuk kendaraan yang membutuhkan tenaga sebagai penggerak


Tampil teks secara animasi bergelombang diikuti dengan musik





















Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 3
No Frame : Frame
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi : Pembukaan materi pembelajaran
Penulis : Darlius

Tampilan













Keterangan navigasi Keterangan hyperteks dan narasi Keterangan animasi/video/audio
4. Tampil animasi sistim bahan bakar Pengaliran dan kebutuhaan bahan bakar untuk kendaraan yang membutuhkan tenaga sebagai penggerak
Tampil gambar teks secara animasi diikuti dengan musik


















Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 4
No Frame : Frame 4
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi : Petunjuk SK.KD, Indikator
Penulis : Darlius

Tampilan:

















Keterangan Navigasi Keterangan hypertext dan narasi Keterangan gambar/animaasi/video
5. Tampil teks tentang standar kompetensi
Klik “To” Tampil SK- KD - klik”to muncul indikator pembelajaran Standar kompetensi:
Memahami sistem aliran bahan bakar:
Kompetensi dasar:
Mendeskripsikan sistem aliran bahan bakar, sistem konvensional dan electrical Fuel Injection (EFI).
Indikator Pembelajaran:
a. Menjelaskan pengertian sistem aliran bahan bakar
b. Menyebutkan komponen dari sistem aliran bahan bakar
c. Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian dari komponen sistem aliran bahan bakar
d. Membedakan sistem aliran mekanik dan EFI Gambar bagan dan komponen dari alairan bahan bakar secara animasi.
Muncul satu persatu bagian-bagian tersebut sambil diikuti suara guru menjelaskan SK-KD dan indikator dari pembelajaran


Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 5
No Frame : Frame 5
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi : Contoh aliran bahan bakar
Penulis : Darlius

Tampilan:



Keterangan Navigasi Keterangan hypertext dan narasi Keterangan gambar/animaasi/video
6. Tampil gambar/grafis mobil klik “to” muncul uraian sistim aliran mekanik dan sistim aliran EFI “klik next” tampil animasi gerakan torak dari TMA – TMB baham bakar masuk
Standar kompetensi:
Memahami sistem aliran bahan bakar:
a. Sistim bahan bakar berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar dan mengirim campuran tersebut dalam bentuk kabut ke ruang bakar.
Dilihat dari cara pemasukan bahan bakar sistim dapat di bagi dua;
1. Masuknya bahan bakar dengan dihisap melalui langkah hisap pada ruang bakar.
2. Masuknya bahan bakar ke ruang bakar dengan cara diinjeksi.
Cara pertama dalam otomotif disebut dengan sistim konvensional dan cara kedua disebut sistim elektronik dapat juga disebut dengan sistim EFI (elektrical fuel injection}
b. Sistim aliran bahan bakar (BB) EFI disebut juga sistim karburator elektrik. Dimana untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke ruang bakar kesemuanya dikontrol dengan sistim elektonik. Keseluruhan sistim itu delakukan secara terpadu.

Gambar bagan dan komponen dari aliran bahan bakar secara animasi.
Muncul animasi aliran bahan bakar (BB) dari tangki – filter – pompa mekanik – karburator – intake manipol – ruang bakar menunjukkan gerakan torak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB)





Muncul aliran BB secara animasi sistim EFI.


















Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 6
No Frame : Frame 6
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi : Sistin Aliran EFI
Penulis : Darlius


Tampilan Sistim EFI



Keterangan Navigasi Keterangan hypertext dan narasi Keterangan gambar/animaasi/video
7. Klik next muncul gambar rangkaian EFI e. Tampil Tek Sistim EFI beserta gambar rangkaian EFI Gambar animasi gerakan aliran bahan bakar dari tangki filter regulator dan ijektor diringi musik













Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 7
No Frame : Frame
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi : Bagian-bagian dari sistem aliran bahan bakar mekanik
Penulis : Darlius

Tampilan)






Keterangan gambar;
1. Tangki bahan bakar
2. Saringan bahan bakar
3. Pompa bahan bakar mekanik
4. Karburator
5. Manifol
6. Engine/ruang bakar


Tampilan dan navigasi Keterangan hyperteks dan narasi Keterangan gambar, animasi, audio/video
8. Tampil teks kompetensi yang akan dicapai siswa
Klik “to” tampil grafis komponen sistem aliran bahan bakar mekanik





Tampil kalimat pertanyaan tahukan kamu apa saja komponen yang terdapat pada sistem aliran bahan bakar mekanik/konvensional?
1. Penjelasan alat dan fungsi dari tangki bahan bakar bensin
2. Penjelasan alat dan fungsi saringan/filter bahan bakar
3. Pompa mekanik untuk mengalirkan bahan bakar dan cara kerja dari pompa mekanik itu
4. Karburator teori tentang karburator, prinsip dasar kerja karburator
5. Manifol sebagai media untuk penyaluran bahan bakar kedalam ruang bakar
6. Ruang bakar dalam mesin tempat terjadinya pembakaran untuk mendapatkan tenaga yang dibutuhkan oleh kendaraan Muncul animasi setiap komponen dari sistem aliran bahan bakar bensin dengan sistem mekanik atau suara guru dalam menjelaskan materi pembelajaran sistem aliran bahan bakar bensin






































Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 8
No Frame : Frame 8
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi : Konstruksi pompa meekanik
Penulis : Darlius


Tampilan;





Keterangan navigasi Keterangan hyperteks dan narasi Keterangan gambar/animasi/video
9. Klik next muncul pompa mekanik

Gambar konstruksi pompa mekanik dengan baian-bagiannya Tampil gerakan pompa menghisap dan mengalirkan bensin ke ruang karburator diringi musik









Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 9
No Frame : Frame 9
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi :Komponen sistim konvensional
Penulis : Darlius



Tampilan Gambar:

Komponen karburator


Keterangan navigasi Keterangan hyperteks dan narasi Keterangan gambar/animasi/video
10. Tampil tek komponen aliran bahan bakar
Klik tombol “to
11. Tampil gambar komponen aliran bahan bakar Apa saja komponen yang terdapat pada sistem aliran bahan bakar bensin elektronik
- Tangki bahan bakar tempat penyimpanan bahan bakar
- Pompa bahan bakar yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar yang dibutuhkan untuk mesin
- Pipa/tubing digunakan untuk pengaliran bahan bakar dalam penggunaannya dihindari jangan telalu banyak patahan(tikungan) menghindari terjadinya hambatan diwaktu pengaliran bahan bakar
- Saringan bahan bakar diperlukan untuk menjaga kebersihan dari bahan bakar yang digunakan pada kendaraan.
- Pengatur tekanan
- injektor
- Pipa balik berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar yang tidak terpakai (sisa)
- Karburator berfungsi sebagai alat untuk mencampur bahan bakar bensin dengan udara yang dibutuhkan untuk pembakaran
- Saringan udara sangat diperlukan bagi kendaraan yang berfungsi untuk menjernihkan udara yang dibutuhkan untuk pembakaran
- Busi sebagai alat pencetus terjadinya pembakaran dalam selinder (ruang bakar)kendaraan.
- Tampil gambar contoh pengaliran bahan bakar, dan cara aliran dengan penekanan pedal gas secara animasi















Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 10
No Frame : Frame 10
Topik Judul : Sistem aliran bahan Bakar Bensin
Sub Materi :Bagian-bagian EFI
Penulis : Darlius

Tampilan Gambar komponen sistem elektonik/EFI




Keterangan navigasi Keterangan hypertek dan narasi Keterangan animasi/gambar/video/audio
12. Tampil teks komponen aliran bahan bakar sistem EFI
Klik “to”
13. Muncul teks fungsi sistem aliran bahan bakar EFI Pengaliran bahan bakar dengan sistem EFI berbeda dibandingkan dengan sistem mekanik.
Kenapa demikian ? ikuti penjelasan berikut ini;
- Penggunaan pompa yang ditempat dalam tangki bahan akan menjaga jangan terjadi kerusakan dikarenakan pompa selalu terendam dalam bahan bakar, namun bagi pengguna agar menjaga bahan bakar selalu merendam pompa (elektrik).
- Pompa berfungsi memompakan bahan bakar yang dibutuhkan untuk pembakaran jika konci kontak di “on” kan.
- Saringan bahan bakar pada sistem EFI perlu selalu dijaga kebersihannya dari kotoran akibat pengendapan( karat) maupun penguapan yang terjadi akibat seringnya tangki bahan bakar kosong/kurang. Sistem Elektrik yang digunakan pada kendaraan sangat memerlukan kemurnian dari bahan bakar.
- Regulator tekanan berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan yang akan disuplai ke injektor.
- Pipa pembagi. Pada sistem EFI kebutuhan bahan bakar dilayani oleh pipa-pipa pembagi yang diatur dengan sistem elektrik.
- Injektor, alat pengabut yang dikendalikan dengan sistem elektrik
Mengapa EFI?
Karena sistem EFI dapat memenuhi tuntutan zaman, jika dibandingkan dengan sistem karburator, antara lain;
- Gas buang terkontrol (ramah lingkungan)
- Hemat bahan bakar
- Daya mesin tinggi
- Efisiensi mesin tinggi Tampil gambar video guru menjelaskan sistem EFI dan diikuti dengan animasi teks uraian dari materi EFI









































Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 11
No Frame : Frame 11
Topik Judul : Sistem aliran Elektrik Fuel Injection (EFI)
Sub Materi :Perbedaan sistim konvensional dengan EFI
Penulis : Darlius

Tampilam tek




Materi pada power point
Keterangan navigasi Keterangan hypertek, narasi Keterangan animasi/gambar/audio video
14. Klik tombol “to” tampil tek diatas klik “to” tampil tek penjelesan Berikut ini penjelasan komponen sistim EFI.

Tampil tek diatas secara bergelombang dan diikuti dengan musik(disesuaikan)












Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 12
No Frame : Frame 12
Topik Judul : Sistem aliran Elektrik Fuel Injection (EFI)
Sub Materi : Petunjuk SK.KD, Indikator
Penulis : Darlius

Tampilam tek



Keterangan navigasi Keterangan hypertek, narasi Keterangan animasi/gambar/audio video

15. Tampil teks uraian perbedaan sistim konvensionalmdan EFI klik “to” muncul tek sekian dan terima kasih. Klik “to” muncul teks Evaluasi



Perbedan sistim aliran bahan bakar secara mekanik dengan karburator manual dan sistim aliran bahan bakar dengan sistim EFI dengan karburator elektrik
Tek muncul secara animasi diikuti dengan musik(disesuaikan)


Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 13
No Frame : Frame 13
Topik Judul : Sistem aliran Elektrik Fuel Injection (EFI)
Sub Materi :
Penulis : Darlius

Tampilam tek
Apakah sekarang kalian telah memahami
cara kerja sistim bahan bakar
Pada kendaraan ?




Keterangan navigasi Keterangan hypertek, narasi Keterangan animasi/gambar/audio video
16. Klik tombol “to” tampil tek diatas klik “to” tampil tek penjelesan
Tampil tek diatas secara bergelombang dan diikuti dengan musik(disesuaikan)






















Mata Pelajaran : Sistem Bahan Bakar dan Pembakaran Nol Hal: 14
No Frame : Frame 13
Topik Judul : Evaluasi
Sub Materi : Uji kompetensi
Penulis : Darlius

Tampilam tek
Evaluasi

Keterangan navigasi Keterangan hypertek, narasi Keterangan animasi/gambar/audio video

17. Klik “ tanda panah pada angka 2” tampil soal






Muncul teks soal diikuti musik/instrumentalia











Ujian Kompetensi
Sistim Aliran Bahan Bakar Bensin







Soal Jawaban

1. Yang dimaksud dengan sistim aliran bahan bakar adalah ...........



Jawaban = a
a. Mencampur bahan bakar dengan udara sesuai dengan ukuran dan mengirim ke ruang bakar
b. Mencampur bahan bakar dan pembakaran diruang bakar
c. Menginjeksikan udara keruang bakar
d. Mensuplay bahan bakar ke karburator

2. 2. Dilihat dari cara pengaliran bahan bakar mulai
3. dari tangki melalui filter pompa bahan bakar
4. kemudian diteruskan ke karburator sebelum
5. masuk ruang bakar melalui intek manifol
6. disebut dengan sistim,...................................... a. Normal
b. Injeksi
c. Konvensional
d. Rasional
Jawaban = c


3. Karburator berfungsi sebagai,...................






Jawaban= b


a. Pengumpul udara
b. Pencampur udara dengan bahan bakar bensin
c. Pencampur bensin
d. Pembakaran bahan bakar dengan udara
4. Pompa untuk meng alir bahan bakar dari
tangki ke ruangan bakar cara kerjanya
adalah,........


Jawaban = a a. Poros bubungan mendorong tuas membram tertarik kebawah dan bahan bakar dihisap melalui inlet
b. Poros dalam keadaan netral tuas menekan membram bahan bakar masuk melalui outlet
c. Poros bubungan pada posisi terdorong tuas tertekan kebawah bahan bakar keluar melalui inlet
d. Semuanya benar
.
5. Untuk no 1-4-6 bagian-bagian dari pompa
Adalah,.........













a. Pushrod, poros nok, inlet
b. Poros nok, membram, saluran keluar
c. Poros nok, katup masuk, saluran keluar
d. Tuas, pollrod, saluran keluar


Jawaban = b

6. Untuk no 4,5,7 bagian dari pompa adalah,.........




Jawaban = b
a. Membram,katup masuk, katup buang
b. Membram,saluran masuk,katup buang
c. Pollrod, membram, katup masuk
d. Membram, saluran masuk, katup buang

7. Komponen membram sebagai penghisap bahan bakar adalah,.........................

Jawaban = a

a. No 4
b. No 7
c. No 2
d. No 1



8. EFI adalah sistim aliran bahan bakar dengan kontrol elektrik kependekan dari,.........
Jawaban = c



a. Elektrical fully ignation
b. Elektrical fuse ignation
c. Elektric al fuel injection
d. Elektrical fuel ignition


9. Bagian-bagian 1-2-5 dari karburator adalah,










a. Main jet,saluran utama,cuk
b. Cuk udara, mainjet, saluran udara
c. Saluran udara utama
d. Saluran masuk,pelampung, saluran bahan bakar utama

Jawaban = d


10. Nama-nama dari komponen 1,2,5 EFI pada gambar dibawah adalah,.......................



Jawaban = c


a. Karburator, filter, injektor
b. Manifol, pompa elektrik, regulator
c. Tangki, pompa elektrik, injektor
d. Tangki, regulator, injektor

11. Nama-nama dari komponen 3,6,7 EFI pada gambar soal no 10, adalah,...................



Jawaban = c


a. Filter, regulator, saluran balik bahan bakar
b. Pompa, filter, saluran balik bahan bakar
c. Tangki, filter, injektor
d. Filter, regulator, injektor
12. Aliran bahan bakar sistim EFI adalah,.................

Jawaban = d a. Tangki, filter, pompa, injektor, regulator
b. Tangki, regulator, filter, pompa, injektor
c. Tangki, filter, injektor, pompa, regulator
d. Tangki, pompa, filter, injektor, regulator
13. Keuntungan menggunakan EFI pada sistim aliran bahan bakar adalah ...............


Jawaban = d a. Meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar
b. Pengendalian dan pengoperasian mesin lebih mudah
c. Memperpanjang umur dan daya tahan mesin
d. a, b dan c benar
14. Emisi gas buang lebih rendah (low emissions) terdapat pada sistim aliran ....................

Jawaban = c a. Pada sistim karburasi
b. Pada sistim konvensional
c. Pada sistim EFI
d. a dan c benar
15. Prinsip kerja pengaliran bahan bakar sistim karburator adalah,................



Jawaban = a
a. Bensin dari tangki disalurkan ke ruang pelampung dalam karburator melalui pompa bensin
b. Bahan bakar disihisap oleh mesin
c. Sistim pengapiannya terpisah
d. Benar semua
16. Prinsip kerja sistim pengaliran bahan bakar EFI adalah, .................


Jawaban = c
a. Bensin diinjeksikan keruang bakar menggunakan injektor
b. Sistim pengapian menyatu
c. Karburator mencampurkan udara
d. A dan b benar

17. Berikut ini adalah keunggulan sistim EFI dibandingkan sistim karburator kecuali,......................

Jawaban = c

a. Sistim EFI lebih mampu mengndalikan gas buang
b. Sistim EFI bisa meningkatkan performa mesin dan hemat bahan bakar
c. Tenaga yang dibutuhkan didapatkan lebih lama
d. Lebih mampu mengendalikan kerusakan mesin pada jangka pendek maupun jangka panjang

18. Pada gambar dibawah angka 1 menunjukkan ........













a. Udara yang keluar dari karburator
b. Bahan bakar bensin yang keluar dari karburator
c. Sisa pembakaran yang keluar dari karburator
d. Campuran udara dengan bensin yang keluar dari karbuator



Jawaban = d

19. Pada gambar soal no 18 angka 4 menunjukkan ------


Jawaban = a
a. Ruang pelampung
b. Ruang udara
c. Ruang pencampur
d. Ruang penyimpanan

20. Regulator (1) alat untuk mengatur dan mempertahankan tekanan bahan bakar yang akan dikirim keruang bakar. Kemudian (2) injektor berfungsi ..........................













a. Menyalurkan udara keruang bakar
b. Menyalurkan tegangan listrik dari distributor
c. Menyalurkan bahan bakar keruang pembakaran
d. Mencampur udara dengan bahan bakar

Jawaban = co
SELAMAT MENGERJAKAN TUGAS INI

Catatan. Hasil jawaban siswa langsung ada penskoran



Lampiran:

DAFTAR NILAI SISWA UJI KELOMPOK KECIL (SMALL GROUP)
SMK N 2 PALEMBANG

TGL 3 DESEMBER 2010


NO NAMA SISWA NILAI
PRETES POSTES
1 Aan Saputra 50 75
2 Ade Saputra 45 75
3 Amakhir Ahmi 60 85
4 Dedi Satra 70 95
5 Feri Hendrawan 60 75
6 Muhamad Fadly Ikhzaryandi 65 80
7 Rahman Fernando 30 75
8 Sidratul Muntaha 55 70
9 Wisnu Wardana 60 75
Rata-rata 55 78,33
Palembang, 3 Desember 2010




Peneliti
Diketahui:
Ketua Jurusan
Teknik Mekanik Otomotif




Yadino, S.Pd.


Lampiran:
DAFTAR NILAI UJI COBA SATA-SATU
SISWA SMK N 2 PALEMBANG
TGL 28-11-2010

NO NAMA SISWA NILAI
Pretes Postes
1 M. Rafli Ansyori 35 80
2 Asep Mariansyah 40 70
3 Kgs. Ayatullah R J 60 80

Palembang, 28 Nov 2010


Diketahui:
Ketua Jurusan Peneliti
Teknik Mekanik Otomotif





Yadino, S.Pd












Lampiran :
DAFTAR NILAI UJI LAPANGAN 18 SISWA
KELAS XI TKR 1 SMK NEGERI 2 PALEMBANG
TGL 6 DESEMBER 2010

NO NAMA NIS TANDA TANGAN
PRETES POSTES
1 A. Dody Yunior 30213 45 75
2 Ardian Bagus Suttriansyah 30220 50 80
3 Asep Meriansyah 30223 35 75
4 Firman Kayusa 30227 40 70
5 Gilang Anjasmara 30228 50 76
6 Fangki Riansyah 30311 45 75
7 M.Ali 30316 60 85
8 Muhamad Awaldi 30319 60 90
9 Rahmad Syawalliyadi 30321 55 80
10 Rahmad Sanur 30238 50 75
11 Redi 30239 45 75
12 Riki Ramadhan 30324 65 90
13 Riski Ananda 30242 50 85
14 Santri Ikal Jaya 30325 60 100
15 Solahudin Alyubi 30246 55 95
16 Tarmizi 30326 50 90
17 Wahyu Hendra Saputra 30247 45 80
18 Zulhidayat 30251 55 85
Jumlah 915 1481
Rata-rata 50,83 82,28
Palembang, 6 Desember 2010
Diketahui; Ketua Program
Teknik Mekanik Otomotif


Peneliti
Yadino, S.Pd
Lampiran:
DAFTAR NILAI UJI LAPANGAN 18 SISWA
KELAS XI TKR INDUSTRI SMK NEGERI 2 PALEMBANG
TGL 6 DESEMBER 2010
NO NAMA NIS NILAI
PRETES POSTES
1 Ade Candra 30215 65 85
2 Adtya Pratama 30252 55 90
3 Ahmad Khoidir 30218 55 90
4 Andreas S. Nainggolan 30258 60 100
5 Andresco 30296 55 90
6 Anwar Sadat 30260 60 95
7 Bayu Anggara 30225 55 95
8 Dwi Fitriono 30267 55 90
9 Edy Kurniawan 30269 60 90
10 Fandy Baskara 30270 55 90
11 Hengkin Setiawan 30230 60 100
12 Hidayat Sani 30276 60 85
13 M. Erwin Sahfutra 30232 55 75
14 M. Ramli Hanafi 30282 60 90
15 Muhamad Adam Aprianto 30233 60 95
16 Nove Ariansyah 30237 70 100
17 Rico Kardo 30285 65 85
18 Septiawan 30267 60 95
Jumlah 1065 1640
Rata-rata 59,17 91,11
Palembang, 6 Desember 2010
Diketahui:
Ketua Jurusan
Teknik Mekanik otomotif


Peneliti
Yadino, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar